My Ping in TotalPing.com

Rabu, 30 November 2011

Mengatur Custom Domain Blogspot Tanpa Error

Sumber Artikel: http://adieska.net

Guys… Pernah ngeblog pake blogger (blogspot) dan pernah Setting Custom Domain di Blogspot? Well, kalo aku sendiri pertama kali ngeblog memang menggunakan layanan gratisan dari Google tersebut dan pernah setting custom domain di blogger. Pada saat itu problem yang cukup sulit dipecahkan adalah mengatur supaya link tanpa www tidak diarahkan ke halaman error page namun secara otomatis akan diarahkan ke link yang seharusnya dengan www (kalo yang udah pernah pake custom domain di blogspot pasti ngerti).
Salah satu blog teman yg dari awal sudah menggunakan custom domain di blogspot, The Fachia, cek punya cek hingga sekarang ternyata masih memiliki masalah tersebut. Berikut contohnya…

Link tanpa www:

Mengatur Custom Domain di Blogspot Tanpa WWW - Error

Custom Domain di Blogspot Tanpa WWW - Error

Link dengan www:
Custom Domain di Blogspot Dengan WWW
Custom Domain di Blogspot Dengan WWW

Nah kebetulan tadi pagi ada teman yang selama ini ngeblog dengan layanan blogspot ingin membeli domain dari jasa domain dan hosting yang aku kelola dengan tujuan untuk merubah blognya menjadi custom domain blogspot. Blog sebelumnya http://fikryfatullah.blogspot.com akan diarahkan ke custom domain http://www.fikryfatullah.com.

Setelah sekian lama tidak bertandang ke dashboardnya blogger karena selama ini udah jarang pake blogger, mau tidak mau aku harus mempelajari ulang cara setting custom domain di blogspot karena sudah agak lupa. Ternyata cukup mudah guys… Blogger juga telah membuat setup instructions yg cukup mudah dipahami.
Ada dua elemen utama yang harus disetting, yaitu di domain manager, dimana kamu meregister domain dan di dashboard blogger. Berikut akan coba kujabarkan dengan sederhana:
1. Setting DNS di Domain Manager
Sesuai dengan keterangan pada setup instructionnya blogger, maka yang harus disetting pertama kali adalah DNS dari domain yang kita register harus diarahkan ke HostName dan IP-nya Google. Pada kasus ini, domain fikryfatullah.com diregister melalui jasa HorasWeb.com dan tampilan domain managernya terlihat seperti gambar dibawah ini:
Tampilan Domain Manager di HorasWeb.com

Tampilan Domain Manager di HorasWeb.com

Setelah login ke domain manager, klik dan pilih domain yang akan kita custom domain di blogspot.
Klik Domain yang DNSnya akan di Setting

Klik Domain yang DNSnya akan di Setting
Cari dan klik settingan DNS untuk mengatur CNAME (HostName) dan A-records (Google IPs).
Setting DNS di Domain Manager

Setting DNS di Domain Manager

Step pertama untuk setting DNS adalah mengaktifkan DNS dan kemudian melakukan autoupdate Name Server.
Activate DNS - Auto-update Name Server

Activate DNS - Auto-update Name Server

Setelah itu klik manage DNS, klik CName Records dan tambahkan CNAME (HostName). Pada kolom Name isikan www dan pada kolom Value isikan ghs.google.com seperti terlihat pada screenshot dibawah ini. Jangan lupa klik modify records.
Setting CName Records

Setting CName Records
Kemudian langkah berikutnya adalah menambahkan A-records untuk diarahkan ke IPnya Google. Berdasarkan keterangannya google langkah ini tidak wajib namun berguna agar tidak terjadi kasus seperti blognya The Fachia yang telah aku terangkan di awal tulisan ini. Berikut penjelasannya dalam bahasa inggris:
A-records (optional)
The following action links your naked domain (example.com) to your actual site (www.example.com). If you skip this step, visitors who leave off the “www” will see an error page.
Enter your domain name in the format example.com, and list the I.P. addresses shown below in the “A” section. You’ll need to create four separate A-records which point to four different Google IPs.
216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21
Tambahkan A-records satu per satu seperti screenshot dibawah ini:
Setting A-records ke IP Google

Setting A-records ke IP Google
Jika teman-teman telah menambahkan keempat IP tersebut maka screenshot settingan A-records akan tampak seperti gambar dibawah ini:
List setting A-records ke IP Google

List setting A-records ke IP Google
Setelah semua langkah tersebut selesai dilakukan, maka selanjutnya kita beranjak pada elemen berikutnya yaitu melakukan setting custom domain di blogspot.
2. Setting Custom Domain di Blogspot
Langkah pertama yang harus dilakukan untuk melakukan setting custom domain di blogger adalah login dan pilih blog yang akan diarahkan ke custom domain. Klik settings, lalu publishing dan akan tampil screenshot berikut:
Setting Custom Domain di Blogspot

Setting Custom Domain di Blogspot
Selanjutnya klik custom domain dan klik switch to advanced setting.
Custom Domain di Blogspot

Custom Domain di Blogspot
Kemudian langkah yang paling utama adalah mengisi nama domain sebagai custom domain di blogspot, lalu pada opsi Use a missing files host? biarkan pilihan pada pilihan radio button No, isi word verification dan terakhir klik save setting.
Done… Selamat Anda telah berhasil melakukan setting custom domain di blogger tanpa error… ;)
Catatan:
  • Semua gambar screenshot diatas adalah thumbnail. Silahkan klik setiap gambar untuk memperbesar ukurannya.
  • Lamanya custom domain resolved ke google tergantung masing-masing jasa registrant domain. Pengalamanku sendiri ketika melakukan setting tadi siang, hanya butuh waktu sekitar 5 menit saja, domain sudah resolved ke google.
  • Tiap jasa registrasi domain memiliki tampilan domain manager yg berbeda-beda. Tampilan seperti screenshot diatas bisa ditemui pada layanan yang menggunakan jasa dari ICANN Accredited Registrar seperti ResellerCamp, UK2, dll. Jika tampilan domain manager berbeda, misalnya di GoDaddy, NameCheap, dll, silahkan cari settingan DNS dan jika teman-teman kesulitan, silahkan hubungi support dimana kamu mendaftarkan domain. Mereka pasti akan membantu ;)
  • HorasWeb merupakan jasa pembelian domain dan hosting kecil yang aku kelola sejak 2009.
  • The Fachia adalah teman blogger di Yogyakarta (satu korsa di Sylva Indonesia, alumni Kehutanan UGM) yang tetap setia menggunakan custom domain blogger. Selain The Fachia, ada juga O-OM yang juga menggunakan custom domain di blogspot dan merupakan bapak blogspot Indonesia ;)
  • Fikry Fatullah adalah teman blogger di Medan (satu almamater di Pertanian USU), seorang Bassis Band yang katanya sudah tobat dan sekarang mengabdikan dirinya sebagai seorang Konsultan Social Media.
Last but not least guys… Mau promosi nih, nawarin jasa untuk teman-teman yang ingin ngeblog dengan custom domain di blogspot. Hanya dengan 100rb, teman-teman bisa mendapatkan sebagai berikut:
  • Satu domain bebas pilih .com, .net, .org, .info, .biz atau .us;
  • Jasa setting custom domain di blogspot;
  • Jasa setting email dengan alamat domain sendiri memanfaatkan layanan google apps. Fitur email sama dengan gmail.
Kalo ada yg tertarik, silahkan kontak info [at] horasweb [dot] com… Serius ;)
OK deh itu dulu… Thanks for reading guys… Semoga bermanfa'at !!!!!!!!!!!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar